Some of Mechanical Things (Part 2)

Melanjutkan dari post yang ini, post yang ini merupakan cerita semester 2 nya.

Ok.

Apa yang membedakan? Kalau boleh dibilang yang membedakan adalah Mata Kuliah yang 3 dari 8 mata kuliah wajibnya merupakan mata kuliah mesin. Nah mata kuliah mesin ini antara lain: Statika Struktur, Material Teknik dan Gambar Mesin. Semester ini alhamdullilah saya berkesempatan untuk mengambil 24 sks (karena IP > 3,00), tapi saya hanya mengambil satu mata kuliah semester 6 yaitu Ekonomi Teknik dan Kewirausahaan jadi sks saya semester 2 berjumlah 21 (sks semester 2 = 19 sks). Yaa intinya jangan bahas sks terlalu mendalam hehehe…

Untuk jadwal semester genap tahun ini bisa dibilang sadis, karena saya kedapatan kuliah cuma sampai hari Rabu. Hari Senin hanya satu mata kuliah yaitu Fisika Dasar 2 pada sore hari, hari Selasa ada empat mata kuliah yaitu: Ekonomi Teknik, Gambar Mesin, Statika Struktur dan terakhir Agama, hari Rabu ada tiga mata kuliah yaitu: Material Teknik, Kalkulus 2 dan Teknologi Informasi. Yaa dilihat dari jadwal yang paling numpuk ada di hari Selasa.

Dari jadwal tersebut, sesuai pengalaman saya dengan jadwal yang harusnya punya empat hari free yang bisa untuk mengerjakan tugas, belajar dan lain-lain malah lebih sering keteteran…why? Jujur saja, ini karena sifat deadliner yang saya miliki.

Saya punya cerita sedikit, waktu itu saya punya tugas Gambar Mesin, salahnya adalah saya menunda untuk mengerjakannya padahal tugas itu diberikan H-7 dari jadwal mata kuliah Gambar Mesin itu sendiri. Saya mengerjakan pada malam Senin dan….

“Wah, njir -_- ga semudah yang gua bayangkan…”

Yaiyalah, Gambar Mesin…Manual…dan belum memakai software. Alhasil, saya tidak tidur sama sekali dan akibatnya saya malah ketiduran di mata kuliah yang ada di hari Selasa tersebut, ini lah yang menyebabkan saya tidak bisa menyerap pelajaran dengan baik yang telah diberikan oleh dosen saya pada hari Selasa. Ditambah lagi ketika ternyata tugas saya yang sudah saya kerjakan semalam dan sepagi suntuk harus direvisi (oh, i love dunia teknik…). Yang jadi  permasalahan adalah kejadian ini lebih dari sekali…(Nice!)

Yaaa semester 2 ini manajemen waktu yang saya lakukan kurang baik, mungkin juga ditambah sifat yang terlalu santai.

Kalau dibilang susah atau gampang, saya selalu bilang itu relatif terhadap kemampuan masing-masing mahasiswa. Tapi jujur saja, saya agak menyesal di semester 2 ini, karena mata kuliahnya sebenarnya hanya perlu membaca, memahami, dan melatih diri sendiri dengan soal-soal sederhana, yaa saya tidak melakukan itu. Mungkin bagi saya mata kuliah yang perlu saya push lagi yaitu Statika Struktur, dibutuhkan pemahaman yang kuat untuk mata kuliah ini. Kalau Gambar Mesin memang banyak sekali tugasnya tapi itu lah yang membuat saya mengerti, memahami, dan membaca  gambar. (Gambar Mesin/Teknik seperti bahasa kedua).

Yaaa jadinya intinya seperti yang sudah saya bilang, semester 2 ini saya punya masalah di manajemen waktu dan terlalu santai, tapi saya sebenarnya saya juga tidak menyalahkan juga menjadi deadliner karena ada beberapa orang yang pikirannya tidak “jalan” ketika memang belum waktunya, tapi saya juga tidak menyarankan juga untuk menjadi deadliner…masih lebih baik kalau suatu urusan sudah selesai, langsung mengerjakan urusan yang lain.

Intinya dari part 1 dan part 2 ini adalah, belajar di Teknik Mesin (/Teknik) tidak sebercanda itu hahahaha…kalau kuliah harus serius. Walaupun saya membahas tentang belajar tapi jangan lupa untuk berorganisasi, apalagi kalau ada organisasi himpunan di jurusanmu, karena selain belajar himpunan merupakan sebuah wadah untuk menyalurkan bakat, keahlian, aspirasi, dan lain-lain bagi anggotanya.

Bagaimana semester 3 dan 4? In Syaa Allah tunggu setahun lagi, di mana semua mata kuliah semester 3 ke atas merupakan mata kuliah yang merupakan mata kuliah yang 100%.

Terima Kasih.

Note:

Mungkin ada beberapa revisi pada cerita-cerita ini, tapi masih lebih baik merevisi tulisan di blog ini daripada merevisi tugas.


Sumber:

  1. Pengalaman
Leave a Reply

