Path and Pattern

Nah..

Saya melihat banyak orang yang mau ke kiri tapi terpaksa harus ke kanan, mau ke depan terpaksa ke belakang. Mungkin ini lah yang namanya perjalanan.

SMA ke Kuliah.

Ingat sekali masa-masa ketika saya ingin memilih Fisika murni dan Teknik Mesin, bimbang dan “cemas” karena rasanya seperti memilih jalan untuk ke masa depan dan masa depan apa yang diinginkan. Pada akhirnya saya memang memilih Jurusan Teknik Mesin dan alhamdulliah dimudahkan jalannya menuju jurusan yang saya inginkan ini. Tapi bagaimana dengan beberapa teman-teman saya?

Oh kawan…

Ada yang bernasib seperti saya tapi saya juga melihat teman saya yang ingin menjadi dokter tetapi malah berujung kuliah di jurusan teknik, ingin menjadi insinyur sipil tetapi kuliah di teknik lingkungan, ingin menjadi designer tetapi berkuliah di akutansi dan masih banyak lagi.

Hal ini mengingatkan saya dengan sebuah cerita saat saya terpisah dengannya di penyeleksian SMA.

“San, lu seharusnya ga ke sana, lu seharusnya ga ‘ngelawan’ orang-orang itu.”

ya. Saya berpikir demikian juga sebenarnya. Saya juga agak iri dengannya yang berhasil lolos masuk SMA (yang waktu itu) bertaraf Internasional. Jujur saja, perkataan tersebut selalu saya ingat sampai sekarang.

Namun, setelah lulus dan berkuliah di jurusan yang saya inginkan; saya tersadar, masa SMA saya adalah sebuah persaingan yang bukan persaingan antar orang-orang pintar, cerdas, cerdik, licik, curang, dan lain sebagainya. Ini adalah persaingan melawan diri sendiri ditengah pilihan yang Allah tentukan. Masa di mana saya harus menghargai dan belajar pengalaman. Kalau sekarang? Yaa…saya akan berjuang melawan diri sendiri di tengah pilihan yang saya pilih (yang merupakan izin-Nya).

Tenang kawan…pasti Allah punya cerita menarik di sebuah cerita yang Ia pilihkan untuk kita. Karena berjalan mendekati cita-cita semakin terjal dan berbatu.

Selamat berjuang!

Terutama untuk kelas saya yang saya cintai (hahaha) EPICT. IPA 3.

 

Leave a Reply

